PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS

LatarBelakang

Permen diknas no 22 tahun 2006 tentang standar isi mengharuskan pelaksanaan pembelajaran pada kelas rendah di sekolah dasar yaitu kelas 1, 2, dan kelas 3 menggunakan pendekatan tematik. Hal tsb dimaksutkan bahwa pembelajaran pada kelas rendah sekolah dasar tidak diajarkan berdasarkan mata pelajaran, tetapi berdasarkan tema yang memadukan beberapa mata pelajaran (dua mata pelajaran atau lebih). Kenyataan di lapangan (di sekolah) berdasarkan pengamatan, sebagian besar guru-guru pada kelas rendah sekolah dasar masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan mata pelajaran, sebagaimana pembelajaran pada kelas tinggi (kelas 4, 5 dan kelas 6). Hal itu disebabkan karena masih rendahnya pemahaman/keterampilan guru tentang tehnik pembelajaran tematik.

Rumusan Masalah
Apakah supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran tematik”

Tujuan Dan Manfaat

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan keterampilan  guru dalam pembelajaran tematik . Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat: Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran tematik di kelas rendah Meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas rendah

Pengertian “Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan” (Poerwadarminta, 1983).

Strategi Pemecahan Masalah

Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru kelas rendah sekolah dasar, yaitu masih rendahnya keterampilan mereka dalam pembelajaran tematik yang merupakan aplikasi dalam kelas dari rencana yang telah disusun, maka strategi yang dianggap paling sesuai adalah supervisi  kunjungan kelas dengan teknik individu. Kunjungan kelas adalah teknik pembinaan guru oleh kepala sekolah atau pengawas, dalam rangka mengamati proses belajar mengajar sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam rangka pembinaan guru. Tujuan kunjungan kelas adalah semata-mata untuk menolong guru dalam mengatasi kesulitan atau masalah yang dihadipi di dalam kelas. Melalui kunjungan kelas guru-guru dibantu untuk melihat dengan jelas masalah-masalah yang mereka alami, menganalisisnya secara kritis dan mendorong mereka untuk menemukan alternatif pemecahannya.

 

Strategi Pemecahan Masalah Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru kelas rendah sekolah dasar, yaitu masih rendahnya keterampilan mereka dalam pembelajaran tematik yang merupakan aplikasi dalam kelas dari rencana yang telah disusun, maka strategi yang dianggap paling sesuai adalah supervisi  kunjungan kelas dengan teknik individu. Kunjungan kelas adalah teknik pembinaan guru oleh kepala sekolah atau pengawas, dalam rangka mengamati proses belajar mengajar sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam rangka pembinaan guru. Tujuan kunjungan kelas adalah semata-mata untuk menolong guru dalam mengatasi kesulitan atau masalah yang dihadipi di dalam kelas. Melalui kunjungan kelas guru-guru dibantu untuk melihat dengan jelas masalah-masalah yang mereka alami, menganalisisnya secara kritis dan mendorong mereka untuk menemukan alternatif pemecahannya.

Strategi Pemecahan Masalah Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru kelas rendah sekolah dasar, yaitu masih rendahnya keterampilan mereka dalam pembelajaran tematik yang merupakan aplikasi dalam kelas dari rencana yang telah disusun, maka strategi yang dianggap paling sesuai adalah supervisi  kunjungan kelas dengan teknik individu. Kunjungan kelas adalah teknik pembinaan guru oleh kepala sekolah atau pengawas, dalam rangka mengamati proses belajar mengajar sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam rangka pembinaan guru. Tujuan kunjungan kelas adalah semata-mata untuk menolong guru dalam mengatasi kesulitan atau masalah yang dihadipi di dalam kelas. Melalui kunjungan kelas guru-guru dibantu untuk melihat dengan jelas masalah-masalah yang mereka alami, menganalisisnya secara kritis dan mendorong mereka untuk menemukan alternatif pemecahannya.

Pembahasan

Dari dua siklus pelaksanaan supervisi kunjungan kelas berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan pelaksanaan pembelajaran tematik bila dibandingkan dengan kriteria pembelajaran tematik yang terdiri dari tujuh criteria (indicator). Pada siklus 1 setelah dilakukan tindakan baru empat criteria yang tampak dalam pembelajaran, yaitu: Berpusat pada siswa, Memberikan pengalaman lansung, Bersifat fleksibel, Menggunakan perinsip belajar sambil bermain. Pada siklus 2 semua criteria pembelajaran tematik sudah tampak seluruhnya sebanyak tujuh kriteria, yaitu selain empat kriteria yang ada pada siklus 1 ditambah tiga kriteria lainnya yaitu: sudah tidak jelas pemisah antar mata pelajaran, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran, dan hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

Simpulan
Dari pembahasan pada bagian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran tematik di kelas rendah (kelas 1, 2,3).  Hal tersebut dapat dilihat bahwa pada kondisi awal guru kelas rendah masih melaksanakan pembelajaran secara parsial dengan pendekatan mata pelajaran. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1, pembelajaran tematik mulai tampak dengan empat indikator. Kemudian diadakan refleksi untuk perbaikan pada indikator-indikator yang belum nampak/ masih kurang pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 tujuh indikator pada pembelajaran tematik seluruhnya sudah nampak.

Rekomondasi

Untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran tematik bagi guru-guru kelas rendah maka pelaksanaan supervisi kunjungan kelas yang berkenaan dengan keterampilan pembelajaran tematik perlu lebih diintensipkan pelaksanaanya. Bahkan untuk mengoptimalkan pembinaan pembelajaran tematik, sebaiknya dilakukan pemodelan oleh guru-guru yang sudah terampil dalam pembelajaran tematik, baik secara lansung atau dengan tayangan video pembelajaran tematik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s